welcome to my blog

when you open my blog, and you read ..please comment here friend

Powered By Blogger

Selasa, 06 April 2010

Shubuh At the Mujahiddin Mosque, Belitung Darat

Lama sekali rasanya tidak merasakan kedamaian seperti ini, memasuki masjid Mujahiddin , Belitung Darat, Banjarmasin di waktu shubuh... kalaulah takdirku shubuh itu harus sholat di sana, karena tujuan ke pasar terapung di muara kuin yang sudah lama kami rencanakan alhamdulillah terlaksana. Ingin memperkenalkan kepada anak-anak, khas dari Banjarmasin kota yang terletak di pinggir sungai, sehingga mempunyai pasar yang berada di atas air, barang dagangan yang berupa sayur-mayur, ikan, buah-buahan di bawa di atas jukung, sejenis perahu kecil, yang di kayuh perlahan sambil mencari pembeli yang juga berada di atas jukung, atau di pinggiran sungai

Kembali ku ingin menceritakan kisah sejuk damai ketika megikuti sholat shubuh berjamaah, kulihat di barisan shaf wanita... mungkin ada sekitar 15 wanita yang sholat shubuh di sana.. pandangan mereka agak heran kepadaku, karena banyak faktor , pastinya karena mereka tak pernah melihat wajahku sebelumnya, kedua..aku satu-satunya wanita yang belum termasuk kategory tua. hahaha... Ya Allah..wajah-wajah tua, yang bangun sebelum mentari terbit... dan bergegas mendapatkan pahala 27 derajat dari mu , rahmatilah mereka...

Kalaulah terbersit rasa malu, mungkin karena setelah salam..aku bergegas merapikan mukenaku, sedangkan mereka masih diam dalam khusunya do'a..tanpa di minta aku menjelaskan kepada ibu tua disampingku, bahwa aku harus buru-buru karena mau ke pasar terapung yang beroperasinya memang setelah sholat shubuh, ...sungguh rasanya tak ingin meninggalkan masjid secepat itu, rasanya masih ingin berlama-lama menikmati semilir angin shubuh yang masuk melalui pintu dan jendela masjid yang lebar....tapi suami dan anak-anak sepertinya sudah menunggu di mobil.

Betapa ada saat kita harus berjalan perlahan menikmati langkah demi langkah memasuki masjid dengan tenang, bahwa sholatlah saat yang tepat untuk terpekur untuk intropeksi diri bermuhasabbah, melihat ke dalam, bahwa inilah saat yang paling damai dan berdamai dengan hati, menyelami apa yang telah kita perbuat, kemarin, kemarin lusa, seminggu yang lalu, sebulan yang lalu, atau setahun yang lalu..

Saat yang tepat bila kau ingin mengadukan segala sesuatu yang membuat hatimu gundah kepada Allah SWT, saat kita bertandang ke "Rumah Allah" membincangkan apa yang memang seharusnya kita lakukan setiap hari, minimal 5 kali sehari kita "bertemu" Allah. mengapa minimal, karena, Allah memberikan kesempatan bertemu dengannya di luar jam-jam tetap, yaitu sholat-sholat sunnat.. mengapa tidak kita pergunakan waktu-waktu extra tersebut.

Kalau saya analogikan dengan perilaku kita sehari-hari, maaf kalau terkesan agak extrim... kalau kita mempunyai idola, sebut saja artis..ingin sekali rasanya kita bertemu dengan bintang pujaan kita , seboleh daya kita upayakan untuk dapat bertemu dengan nya bukan, seharusnya hal yang lebih yang harus kita lakukan untuk selalu bertemu dengan Allah, Zat yang menjamin hidup kita, maha pemberi tanpa meminta, maha kaya, tanpa perlu harta kekayaan kita, maha kasih tanpa pilih kasih...suatu perenungan yang penting bukan...

Walaupun sebenarnya Masjid bukanlah tempat yang di rekomendasikan Rasulullah SAW untuk sholatnya wanita, Sebaik-baiknya sholat wanita adalah di rumah, apabila ada bilik kecil yang tersembunyi di dalam sebuah kamar, itulah sebaik-baiknya tempat untuk sholat wanita. Apabila ingin juga ke masjid, tentunya atas ijin suami, dan sebaik-baiknya tempat wanita di masjid adalah shaf paling belakang.

Jadi apabila hati dan langkah kita ringan untuk ke masjid, mengikuti suami...tidaklah salahnya pabila kita menikmatinya dengan memuji nama Allah yang telah menciptakan kesejukan dan kedamaian di dalam rumahNya, walaupun sebenarnya kedamaian dan kesejukan yang hakiki itu datangnya dari hati yang selalu mengingat Allah, dimana saja dan kapan saja, tidak harus selalu berasal dari rumah Allah. Tapi ada tebersit di hatiku untuk kembali ke sini lagi, menikmati shubuh yang damai dari masjid ke masjid, dari rumahMu ke rumahMu semata-mata mencari RidhoMu Ya Rabb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar